A.
PENGERTIAN MEDIA
·
Kata media berasal dari bahasa latin medius yang
secara harfiah berarti tengah, perantara atau pengantar. Dalam bahasa Arab
media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerimapesan
(Azhar Arsyad, 2011:3).
·
Menurut Gerlach dan Ely yang dikutip oleh Azhar Arsyad
(2011), media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi dan
kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh
pengetahuan, ketrampilan atau sikap.
·
Menurut Criticos yang dikutip oleh Daryanto (2011:4) media
merupakan salah satu komponen komunikasi, yaitu sebagai pembawa pesan dari
komunikator menuju komunikan.
·
Association for Education and Communication Technology
(AECT) mendefinisikan media yaitu
segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran informasi.
Dari beberapa pengertian tersebut maka pengertian media adalah segala sesuatu yang dapat
digunakan sebagai perantara untuk
menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima.
Pengertian media pembelajaran
Terkait dengan pembelajaran,media adalah segala sesuatuyang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dari pengirim
pesan kepada penerima pesan sehingga
dapat merangsang pikiran, perasaan
dan perhatian anak didik untuk tercapainya tujuan pendidikan. Heinich, Molenda, dan Russell (1993)
mendefinisikan mediasebagai
alat saluran komunikasi. Istilah media itu sendiri berasal
dari bahasa Latin dan merupakan bentuk
jamak dari kata "medium" yang
secara harfiah berarti "perantara" yaitu perantara sumber pesan(a source)dengan
penerima pesan(a receiver).
Dalam kegiatan pembelajaran, terdapat proses belajar
mengajar yang pada dasarnya
merupakan proses komunikasi. Dalamproses komunikasi tersebut, guru bertindak sebagai komunikator (communicator) yang bertugas
menyampaikan
pesan pendidikan (message) kepada penerima
pesan (communican) yaitu anak .Agar pesan-pesan
pendidikan yang disampaikan guru
dapat diterima dengan baikoleh anak,
maka dalam proseskomunikasi pendidikan
tersebut diperlukan wahana penyalur pesan yang disebut media
pendidikan / pembelajaran.
Proses pembelajaran mengandung lima
komponen komunikasi, guru (komunikator),
bahan pembelajaran,
media pembelajaran,
siswa (komunikan), dan tujuan
pembelajaran.
Pendapat para
pakar tentang media pembelajaran :
·
Gagne (1970) menyatakan bahwa media adalah berbagai jenis
komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar.
·
Briggs (1970) berpendapat bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa
untuk belajar.
·
Gerlac & Ely (1971) mengatakan bahwa media apabila
dipahami secara garis besar adalah
manusia, materi atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat peserta didik
memperoleh pengetahuan, ketrampilan, atau konsep.
·
Hamidjojo (1993) memberi batasan media sebagai semua
bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan ide, gagasan,
dan pendapat, sehingga ide, gagasan, atau pendapat yang dikemukakan itu dapat
diterima oleh penerima yang dituju.
·
Dalam dunia pendidikan
Arief S. Sadiman menyatakan bahwa media adalah segala
sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim
kepenerima sehingga dapat merangsang
pikiran, perasaan, minat, serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.
·
Asosiasi Pendidikan Nasional (National Education
Association/NEA) memiliki pengertian yang berbeda yakni, media adalah
bentuk-bentuk media komunikasi baik tercetak maupun audiovisual serta peralatan-nya.
·
Umar Hamalik, pakar
pendidikan Indonesia menyatakan media adalah alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interest antara guru dan
anak didik dalam proses pendidikan dan pembelajaran disekolah
·
E. De Cortedalam
WS. Winkel menyatakan bahwa media pembelajaran adalah suatu sarana
nonpersonal (bukanmanusia) yang digunakan atau disediakan oleh tenaga pengajar
yang memegang peranan penting dalam prose sbelaja rmengajar, untuk mencapai tujuan intruksional.
Dari
berbagai pendapat tersebut, bisa kita simpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala
sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan informasi dari pengirim pesan (guru)
ke penerima pesan (siswa), sehingga merangsang siswa untuk berfikir dan
memperhatikan proses pembelajaran agar proses belajar dapat terjadi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar