Media
pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar tidak bisa kita
pungkiri keberadaannya. Karena, dengan adanya media tersebut maka guru dapat
mengerjakan dengan mudah tugasnya dalam menyampaikan materi kepada siswa. Tanpa
bantuan media, maka materi akan sukar dipahami oleh siswa.
Setiap materi pembelajaran mempunyai tingkat kesukaran
yang bervariasi.Pada satu sisi ada bahan pembelajaran yang tidak memerlukan
media pembelajaran, tetapi dilain sisi ada bahan pembelajaran yang memerlukan
media pembelajaran.
Menurut
Kemp & Dayton dalam Arsyad (2011) bahwa banyak manfaat penggunaan media
pembelajaran yakni,
a. Penyampaian pesan menjadi
lebih baku karena setiap pelajar yang melihat atau mendengar penyajian melalui
media menerima pesan yang sama.
b. Pembelajaran bisa lebih
menarik karena dapat membuat siswa terjaga dan memperhatikan.
c. Pembelajaran menjadi lebih
interaktif dengan diterapkannya teori belajar dan prinsip-prinsip psikologis
yang diterima dalam hal partisipasi siswa, umpan balik, dan penguatan.
d. Lama waktu pembelajaran yang
diperlukan dapat dipersingkat karena kebanyakan media hanya memerlukan waktu
singkat untuk mengantarkan pesan/ isi pelajaran dalam jumlah yang cukup banyak.
e. Kualitas hasil belajar
dapat ditingkatkan apabila media pembelajaran dapat mengkomunikasikan pengetahuan
dengan cara yang baik, spesifik, dan jelas.
f. Pembelajaran dapat
diberikan kapan dan dimana diperlukan.
g. Sikap positif siswa
terhadap apa yang mereka pelajari dapat ditingkatkan.
Secara umum manfaat media pembelajaran
menurut Harjanto (1997 : 245) adalah :
1) Memperjelas penyajian pesan
agar tidak terlalu verbalistis ( tahu kata – katanya, tetapi tidak tahu
maksudnya)
2) Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya
indera.
3) Dengan menggunakan media
pembelajaran yang tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif siswa.
4) Dapat menimbulkan persepsi
yang sama terhadap suatu masalah.
Sujana dan Rivai (1990) memberikan
alasan mengenai kegunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar:
a. Pengajaran akan lebih
menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar;
b. Bahan pengajaran akan lebih
jelas maksudnya, sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa;
c. Metode mengajar akan lebih
bervariasi, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga;
d. Siswa lebih banyak
melakukan kegiatan, karena tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga
mengamati, melaksanakan, mendemonstrasikan, dan lain- lain.
Dari
pendapat beberapa ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegunaan media
pembelajaran di dalam proses belajar mengajar adalah sebagai berikut:
a. Media pembelajaran dapat
memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan
meningkatkan proses dan hasil belajar.
b. Media pembelajaran dapat
meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi
belajar pebelajar.
c. Media pembelajaran dapat
mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu;
1) Objek atau benda yang
terlalu besar untuk ditampilkan langsung di ruang kelas dapat diganti dengan
gambar, foto, slide, film, dan lain- lain, sehingga proses pembelajaran dapat
berlangsung efektif.
2) Objek atau benda yang
terlalu kecil yyang tidak tampak oleh indera penglihatan dapat disajikan dengan
bantuan mikrosskop, film, slide, atau gambar.
3) Kejadian langka yang
terjadi di masa lalu atau terjadi sekali dalam kurun waktu tertentu dapat
ditampilkan melalui rekaman video, film, foto, atau slide.
4) Objek atau proses yang
sangat rumit seperti peredaran darah dapat ditampilkan secara konkret melalui
film, gambar, slide, atau komputer.
5) Kejadian atau percobaan
yang dapat membahayakan dapat disimulasikan dengan media komputer, film, atau
video.
d. Media pembelajaran dapat
memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa
tentang
peristiwa- peristiwa di lingkungan mereka.
Adapun juga kegunaan media dalam
pembelajaran matematika yaitu antara lain:
a. Bahan pelajaran akan lebih jelas
maknanya sehingga lebih jelas dipahami siswa sehingga memungkinkan siswa
menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
b. Metode mengajar akan lebih
bervariasi
c. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar
d. Motivasi belajar dari para
siswa dapat ditumbuhkan / dinaikkan
e. Dapat mengatasi sifat pasif
dari para siswa
F.
FUNGSI MEDIA
Menurut
Kemp & Dayton (1985), media pembelajaran dapat memenuhi tiga fungsi utama
apabila media tersebut digunakan untuk perorangan, kelompok, atau kelompok
pendengar yang besar jumlahnya, yaitu memotivasi minat, menyajikan informasi,
dan memberi instruksi. Sadiman (1986), mengemukakan fungsi media instruksional,
meliputi: memberi rangsangan siswa dalam belajar, mengarahkan perhatian atau
kegiatan belajar, menyajikan contoh- contoh secara nyata, menyajikan syarat
eksternal, dan menimbulkan umpan balik siswa.
Secara umum dalam media
instruksional, media mempunyai fungsi:
1) Fungsi pendidikan; yaitu media memberikan nilai edukatif, baik dalam nuansa
berfikir, merangsang motivasi, memberikan rangsangan berfikir logis,
sistematis, dan realistis.
2) Fungsi sosial; media memungkinkan terjadinya sosialisasi dalam
pendidikan, pengembangan sifat sosial, sikap mau bekerja sama dan saling
membantu.
3) Fungsi budaya; media dapat mengembangkan kreativitas berkarya/ berbudaya
individu.
4) Fungsi efisiensi; media memungkinkan dilakukannya efisiensi, baik waktu,
tenaga, dan biaya karena tidak semua materi pelajaran dapat dipelajari melalui
benda langsung, tetapi perlu alat pengganti dan penyederhanaan.
5) Fungsi politis; pemanfaatan media secara tepat dapat mengubah suatu
kebijakan dalam pendidikan sehingga dapat menghemat tenaga guru, keseragaman
konsep keteraturan kegiatan dan konsistensi materi pelajaran. (Padmono, 2011).
Adapun
fungsi media pembelajaran dalam pembelajaran matematika yaitu sebagai berikut:
1.
Fungsi
edukatif, memberikan pengaruh yang bernilai pendidikan, mendidik siswa dan
masyarakat untuk berpikir kritis, memberi pengalaman yang bermakna, serta
mengembangkan dan memperluas cakrawala berpikir siswa.
2. Fungsi sosial, memberikan informasi autentik
dalam berbagai bidang kehidupan dan konsep yang sama pada setiap orang sehingga
dapat mempeluas pergaulan, pengenalan, pemahaman tentang orang, adat istiadat
dan cara bergaul.
3. Fungsi
ekonomis, dengan menggunakan media pendidikan pencapaian tujuan dapat dilakukan
dengan efesien, penyampaian materi dapat menekan sedikit mungkin penggunaan
biaya,tenaga, serta waktu tanpa mengurangi efektivitas dalam pencapaian tujuan.
4.
Fungsi
budaya, memberikan perubahan-perubahan dalam segi kehidupan manusia, dapat
mewariskan dan meneruskan unsur-unsur budaya dan seni yang ada di masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar