Jumat, 29 Mei 2015

MANFAAT MEDIA


Media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar tidak bisa kita pungkiri keberadaannya. Karena, dengan adanya media tersebut maka guru dapat mengerjakan dengan mudah tugasnya dalam menyampaikan materi kepada siswa. Tanpa bantuan media, maka materi akan sukar dipahami oleh siswa.
Setiap materi pembelajaran mempunyai tingkat kesukaran yang bervariasi.Pada satu sisi ada bahan pembelajaran yang tidak memerlukan media pembelajaran, tetapi dilain sisi ada bahan pembelajaran yang memerlukan media pembelajaran.
Menurut Kemp & Dayton dalam Arsyad (2011) bahwa banyak manfaat penggunaan media pembelajaran yakni,
a.    Penyampaian pesan menjadi lebih baku karena setiap pelajar yang melihat atau mendengar penyajian melalui media menerima pesan yang sama.
b.  Pembelajaran bisa lebih menarik karena dapat membuat siswa terjaga dan memperhatikan.
c.    Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan diterapkannya teori belajar dan prinsip-prinsip psikologis yang diterima dalam hal partisipasi siswa, umpan balik, dan penguatan.
d. Lama waktu pembelajaran yang diperlukan dapat dipersingkat karena kebanyakan media hanya memerlukan waktu singkat untuk mengantarkan pesan/ isi pelajaran dalam jumlah yang cukup banyak.
e. Kualitas hasil belajar dapat ditingkatkan apabila media pembelajaran dapat mengkomunikasikan pengetahuan dengan cara yang baik, spesifik, dan jelas.
f.     Pembelajaran dapat diberikan kapan dan dimana diperlukan.
g.    Sikap positif siswa terhadap apa yang mereka pelajari dapat ditingkatkan.
Secara umum manfaat media pembelajaran menurut Harjanto (1997 : 245) adalah :
1)  Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbalistis ( tahu kata – katanya, tetapi tidak tahu maksudnya)
2)   Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
3)  Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif siswa.
4)  Dapat menimbulkan persepsi yang sama terhadap suatu masalah.
Sujana dan Rivai (1990) memberikan alasan mengenai kegunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar:
a. Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar;
b. Bahan pengajaran akan lebih jelas maksudnya, sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa;
c.  Metode mengajar akan lebih bervariasi, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga;
d. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan, karena tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga mengamati, melaksanakan, mendemonstrasikan, dan lain- lain.
Dari pendapat beberapa ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegunaan media pembelajaran di dalam proses belajar mengajar adalah sebagai berikut:
a.    Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar.
b.    Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar pebelajar.
c.    Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu;
1)  Objek atau benda yang terlalu besar untuk ditampilkan langsung di ruang kelas dapat diganti dengan gambar, foto, slide, film, dan lain- lain, sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung efektif.  
2)  Objek atau benda yang terlalu kecil yyang tidak tampak oleh indera penglihatan dapat disajikan dengan bantuan mikrosskop, film, slide, atau gambar.
3)  Kejadian langka yang terjadi di masa lalu atau terjadi sekali dalam kurun waktu tertentu dapat ditampilkan melalui rekaman video, film, foto, atau slide.
4)  Objek atau proses yang sangat rumit seperti peredaran darah dapat ditampilkan secara konkret melalui film, gambar, slide, atau komputer.
5)  Kejadian atau percobaan yang dapat membahayakan dapat disimulasikan dengan media komputer, film, atau video.
d.  Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa
tentang peristiwa- peristiwa di lingkungan mereka.    
Adapun juga kegunaan media dalam pembelajaran matematika yaitu antara lain:
a.   Bahan pelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga lebih jelas dipahami siswa sehingga memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
b.  Metode mengajar akan lebih bervariasi
c.    Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar
d.  Motivasi belajar dari para siswa dapat ditumbuhkan / dinaikkan
e.   Dapat mengatasi sifat pasif dari para siswa
Media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar tidak bisa kita pungkiri keberadaannya. Karena, dengan adanya media tersebut maka guru dapat mengerjakan dengan mudah tugasnya dalam menyampaikan materi kepada siswa. Tanpa bantuan media, maka materi akan sukar dipahami oleh siswa.
Setiap materi pembelajaran mempunyai tingkat kesukaran yang bervariasi.Pada satu sisi ada bahan pembelajaran yang tidak memerlukan media pembelajaran, tetapi dilain sisi ada bahan pembelajaran yang memerlukan media pembelajaran.
Menurut Kemp & Dayton dalam Arsyad (2011) bahwa banyak manfaat penggunaan media pembelajaran yakni,
a.    Penyampaian pesan menjadi lebih baku karena setiap pelajar yang melihat atau mendengar penyajian melalui media menerima pesan yang sama.
b.    Pembelajaran bisa lebih menarik karena dapat membuat siswa terjaga dan memperhatikan.
c.    Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan diterapkannya teori belajar dan prinsip-prinsip psikologis yang diterima dalam hal partisipasi siswa, umpan balik, dan penguatan.
d.Lama waktu pembelajaran yang diperlukan dapat dipersingkat karena kebanyakan media hanya memerlukan waktu singkat untuk mengantarkan pesan/ isi pelajaran dalam jumlah yang cukup banyak.
e. Kualitas hasil belajar dapat ditingkatkan apabila media pembelajaran dapat mengkomunikasikan pengetahuan dengan cara yang baik, spesifik, dan jelas.
f.     Pembelajaran dapat diberikan kapan dan dimana diperlukan.
g.    Sikap positif siswa terhadap apa yang mereka pelajari dapat ditingkatkan.
Secara umum manfaat media pembelajaran menurut Harjanto (1997 : 245) adalah :
1)  Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbalistis ( tahu kata – katanya, tetapi tidak tahu maksudnya)
2)   Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
3)  Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif siswa.
4)  Dapat menimbulkan persepsi yang sama terhadap suatu masalah.
Sujana dan Rivai (1990) memberikan alasan mengenai kegunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar:
a.  Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar;
b  Bahan pengajaran akan lebih jelas maksudnya, sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa;
c.  Metode mengajar akan lebih bervariasi, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga;
d. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan, karena tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga mengamati, melaksanakan, mendemonstrasikan, dan lain- lain.
Dari pendapat beberapa ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegunaan media pembelajaran di dalam proses belajar mengajar adalah sebagai berikut:



a.    Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar.
b. Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar pebelajar.
c.    Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu;
1)  Objek atau benda yang terlalu besar untuk ditampilkan langsung di ruang kelas dapat diganti dengan gambar, foto, slide, film, dan lain- lain, sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung efektif.  
2)  Objek atau benda yang terlalu kecil yyang tidak tampak oleh indera penglihatan dapat disajikan dengan bantuan mikrosskop, film, slide, atau gambar.
3)  Kejadian langka yang terjadi di masa lalu atau terjadi sekali dalam kurun waktu tertentu dapat ditampilkan melalui rekaman video, film, foto, atau slide.
4)  Objek atau proses yang sangat rumit seperti peredaran darah dapat ditampilkan secara konkret melalui film, gambar, slide, atau komputer.
5)  Kejadian atau percobaan yang dapat membahayakan dapat disimulasikan dengan media komputer, film, atau video.
d.  Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa
tentang peristiwa- peristiwa di lingkungan mereka.    
Adapun juga kegunaan media dalam pembelajaran matematika yaitu antara lain:
a.   Bahan pelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga lebih jelas dipahami siswa sehingga memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
b.  Metode mengajar akan lebih bervariasi
c.    Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar
d.  Motivasi belajar dari para siswa dapat ditumbuhkan / dinaikkan

e.   Dapat mengatasi sifat pasif dari para siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar