Media
pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar tidak bisa kita
pungkiri keberadaannya. Karena, dengan adanya media tersebut maka guru dapat
mengerjakan dengan mudah tugasnya dalam menyampaikan materi kepada siswa. Tanpa
bantuan media, maka materi akan sukar dipahami oleh siswa.
Setiap materi pembelajaran mempunyai tingkat kesukaran
yang bervariasi.Pada satu sisi ada bahan pembelajaran yang tidak memerlukan
media pembelajaran, tetapi dilain sisi ada bahan pembelajaran yang memerlukan
media pembelajaran.
Menurut
Kemp & Dayton dalam Arsyad (2011) bahwa banyak manfaat penggunaan media
pembelajaran yakni,
a. Penyampaian pesan menjadi
lebih baku karena setiap pelajar yang melihat atau mendengar penyajian melalui
media menerima pesan yang sama.
b. Pembelajaran bisa lebih
menarik karena dapat membuat siswa terjaga dan memperhatikan.
c. Pembelajaran menjadi lebih
interaktif dengan diterapkannya teori belajar dan prinsip-prinsip psikologis
yang diterima dalam hal partisipasi siswa, umpan balik, dan penguatan.
d. Lama waktu pembelajaran
yang diperlukan dapat dipersingkat karena kebanyakan media hanya memerlukan
waktu singkat untuk mengantarkan pesan/ isi pelajaran dalam jumlah yang cukup
banyak.
e. Kualitas hasil belajar
dapat ditingkatkan apabila media pembelajaran dapat mengkomunikasikan
pengetahuan dengan cara yang baik, spesifik, dan jelas.
f. Pembelajaran dapat
diberikan kapan dan dimana diperlukan.
g. Sikap positif siswa
terhadap apa yang mereka pelajari dapat ditingkatkan.
Secara umum manfaat media pembelajaran
menurut Harjanto (1997 : 245) adalah :
1) Memperjelas penyajian pesan
agar tidak terlalu verbalistis ( tahu kata – katanya, tetapi tidak tahu
maksudnya)
2) Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya
indera.
3) Dengan menggunakan media
pembelajaran yang tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif siswa.
4) Dapat menimbulkan persepsi
yang sama terhadap suatu masalah.
Sujana dan Rivai (1990) memberikan
alasan mengenai kegunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar:
a. Pengajaran akan lebih
menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar;
b. Bahan pengajaran akan lebih
jelas maksudnya, sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa;
c. Metode mengajar akan lebih
bervariasi, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga;
d. Siswa lebih banyak
melakukan kegiatan, karena tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga
mengamati, melaksanakan, mendemonstrasikan, dan lain- lain.
Dari
pendapat beberapa ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegunaan media
pembelajaran di dalam proses belajar mengajar adalah sebagai berikut:
a. Media pembelajaran dapat
memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan
meningkatkan proses dan hasil belajar.
b. Media pembelajaran dapat
meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi
belajar pebelajar.
c. Media pembelajaran dapat
mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu;
1) Objek atau benda yang
terlalu besar untuk ditampilkan langsung di ruang kelas dapat diganti dengan
gambar, foto, slide, film, dan lain- lain, sehingga proses pembelajaran dapat
berlangsung efektif.
2) Objek atau benda yang
terlalu kecil yyang tidak tampak oleh indera penglihatan dapat disajikan dengan
bantuan mikrosskop, film, slide, atau gambar.
3) Kejadian langka yang
terjadi di masa lalu atau terjadi sekali dalam kurun waktu tertentu dapat
ditampilkan melalui rekaman video, film, foto, atau slide.
4) Objek atau proses yang
sangat rumit seperti peredaran darah dapat ditampilkan secara konkret melalui
film, gambar, slide, atau komputer.
5) Kejadian atau percobaan
yang dapat membahayakan dapat disimulasikan dengan media komputer, film, atau video.
d. Media pembelajaran dapat
memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa
tentang
peristiwa- peristiwa di lingkungan mereka.
Adapun juga kegunaan media dalam
pembelajaran matematika yaitu antara lain:
a. Bahan pelajaran akan lebih jelas
maknanya sehingga lebih jelas dipahami siswa sehingga memungkinkan siswa
menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
b. Metode mengajar akan lebih
bervariasi
c. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar
d. Motivasi belajar dari para
siswa dapat ditumbuhkan / dinaikkan
e. Dapat mengatasi sifat pasif
dari para siswa
Media
pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar tidak bisa kita
pungkiri keberadaannya. Karena, dengan adanya media tersebut maka guru dapat
mengerjakan dengan mudah tugasnya dalam menyampaikan materi kepada siswa. Tanpa
bantuan media, maka materi akan sukar dipahami oleh siswa.
Setiap materi pembelajaran mempunyai tingkat kesukaran
yang bervariasi.Pada satu sisi ada bahan pembelajaran yang tidak memerlukan
media pembelajaran, tetapi dilain sisi ada bahan pembelajaran yang memerlukan
media pembelajaran.
Menurut
Kemp & Dayton dalam Arsyad (2011) bahwa banyak manfaat penggunaan media
pembelajaran yakni,
a. Penyampaian pesan menjadi
lebih baku karena setiap pelajar yang melihat atau mendengar penyajian melalui
media menerima pesan yang sama.
b. Pembelajaran bisa lebih
menarik karena dapat membuat siswa terjaga dan memperhatikan.
c. Pembelajaran menjadi lebih
interaktif dengan diterapkannya teori belajar dan prinsip-prinsip psikologis
yang diterima dalam hal partisipasi siswa, umpan balik, dan penguatan.
d.Lama waktu pembelajaran
yang diperlukan dapat dipersingkat karena kebanyakan media hanya memerlukan
waktu singkat untuk mengantarkan pesan/ isi pelajaran dalam jumlah yang cukup
banyak.
e. Kualitas hasil belajar
dapat ditingkatkan apabila media pembelajaran dapat mengkomunikasikan
pengetahuan dengan cara yang baik, spesifik, dan jelas.
f. Pembelajaran dapat
diberikan kapan dan dimana diperlukan.
g. Sikap positif siswa
terhadap apa yang mereka pelajari dapat ditingkatkan.
Secara umum manfaat media pembelajaran
menurut Harjanto (1997 : 245) adalah :
1) Memperjelas penyajian pesan
agar tidak terlalu verbalistis ( tahu kata – katanya, tetapi tidak tahu
maksudnya)
2) Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya
indera.
3) Dengan menggunakan media
pembelajaran yang tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif siswa.
4) Dapat menimbulkan persepsi
yang sama terhadap suatu masalah.
Sujana dan Rivai (1990) memberikan
alasan mengenai kegunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar:
a. Pengajaran akan lebih
menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar;
b Bahan pengajaran akan lebih
jelas maksudnya, sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa;
c. Metode mengajar akan lebih
bervariasi, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga;
d. Siswa lebih banyak
melakukan kegiatan, karena tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga
mengamati, melaksanakan, mendemonstrasikan, dan lain- lain.
Dari
pendapat beberapa ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegunaan media
pembelajaran di dalam proses belajar mengajar adalah sebagai berikut:
a. Media pembelajaran dapat
memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan
meningkatkan proses dan hasil belajar.
b. Media pembelajaran dapat
meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi
belajar pebelajar.
c. Media pembelajaran dapat
mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu;
1) Objek atau benda yang
terlalu besar untuk ditampilkan langsung di ruang kelas dapat diganti dengan
gambar, foto, slide, film, dan lain- lain, sehingga proses pembelajaran dapat
berlangsung efektif.
2) Objek atau benda yang
terlalu kecil yyang tidak tampak oleh indera penglihatan dapat disajikan dengan
bantuan mikrosskop, film, slide, atau gambar.
3) Kejadian langka yang
terjadi di masa lalu atau terjadi sekali dalam kurun waktu tertentu dapat
ditampilkan melalui rekaman video, film, foto, atau slide.
4) Objek atau proses yang
sangat rumit seperti peredaran darah dapat ditampilkan secara konkret melalui
film, gambar, slide, atau komputer.
5) Kejadian atau percobaan
yang dapat membahayakan dapat disimulasikan dengan media komputer, film, atau video.
d. Media pembelajaran dapat
memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa
tentang
peristiwa- peristiwa di lingkungan mereka.
Adapun juga kegunaan media dalam
pembelajaran matematika yaitu antara lain:
a. Bahan pelajaran akan lebih jelas
maknanya sehingga lebih jelas dipahami siswa sehingga memungkinkan siswa
menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
b. Metode mengajar akan lebih
bervariasi
c. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar
d. Motivasi belajar dari para
siswa dapat ditumbuhkan / dinaikkan
e. Dapat mengatasi sifat pasif
dari para siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar